Kamis, 23 Desember 2010

KLH: Masih Sedikit Dokumen Amdal yang Berkualitas

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menyatakan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang dibuat selama ini masih sangat sedikit yang berkualitas, dan perlu dilakukan sertifikasi kompetensi.

"Produk AMDAL yang sebelumnya kita evaluasi ternyata yang berkualitas itu sangat sedikit," kata Asdep urusan Standarisasi dan Teknologi KLH, Dasrul Chaniago di Jakarta, Kamis.

Meski mengaku banyak yang tidak berkualitas, KLH tidak memiliki data pasti mengenai keseluruhan dokumen AMDAL yang bermasalah dan tidak berkualitas tersebut.

Sementara itu, Deputi MenLH bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Henry Bastaman mengatakan, perlunya peningkatan kapasitas penyusun dokumen AMDAL salah satunya melalui sertifikasi kompetensi.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta meluncurkan program nasional kompetensi lingkungan 2010-2014.

Undang-undang No.32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup secara eksplisit mengamanatkan sertifikasi kompetensi terhadap dua keahlian yaitu penyusun dokumen AMDAL dan auditor lingkungan hidup.

Bagi penyusun dokumen AMDAL yang tidak bersertifikasi kompetensi dikenakan ancaman pidana tiga tahun penjara dan denda Rp3 miliar.

Sementara yang melakukan uji kompetensi adalah Asesor kompetensi yang diuji dan diseleksi oleh KLH bersama lembaga AMDAL terakreditasi.

Pengakuan terhadap Asesor dilihat dari pengalamannya dalam menyusun dokumen AMDAL dan setiap tahun kinerja mereka akan dievaluasi.



Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

23 Dec, 2010


--
Source: http://id.news.yahoo.com/antr/20101223/tpl-klh-masih-sedikit-dokumen-amdal-yang-cc08abe.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar