Minggu, 26 Desember 2010

Rumah Boat Resmi Jadi Wisata "Peringatan Allah"

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Banda Aceh (ANTARA) - Situs tsunami rumah boat (perahu) di Gampong (desa) Lampulo, Banda Aceh, Minggu, resmi dijadikan objek wisata "Peringatan Allah" dalam rangka visit Banda Aceh Years 2011.

Boat nelayan yang bertengger di atas pertapakan rumah warga itu, sebagai salah satu bukti sejarah tentang dahsyatnya musibah pada Minggu, 26 Desember 2004, diyakini bisa menarik perhatian wisatawan.

Peresmian itu ditandai dengan dibukanya selebung oleh Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Jamal di sela doa bersama warga mengenang enam tahun tsunami di Lampulo, Banda Aceh.

"Situs tsunami ini menjadi objek wisata peringatan Allah, karena dengan melihat ini orang bisa berpikir kekuasaan Maha Pencipta yang tiada tara," katanya.

Di pertapakan bekas rumah milik Abasiah itu ada sebuah prasasti bertulis testimoni singkat tentang boat yang ikut menyelamatkan 59 orang saat tsunami tersebut dalam tiga bahasa, Indonesia, Aceh dan Inggris.

Di sana juga terbentang sebuah spanduk berisi foto-foto 59 korban selamat dalam boat milik nelayan itu saat gelombang tsunami menyapu pesisir Aceh.

Pemilik rumah itu, Abasiah mengatakan dia ikut selamat dari tsunami setelah naik ke dalam boat, yang saat itu berlalu di depannya. "Saya naik ke sana dan ada 59 orang di dalam kapal itu," katanya.

"Setelah kapal berhenti, saya baru tahu ternyata kepal itu berhenti tepat di atas rumah saya," kata Abasiah.

Keusyik Lampulo, Alta Zaini mengatakan, warganya sudah siap memberi kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke objek wisata "Peringatan Allah" dan siap menjadi pemandu.

"Kami berharap wisatawan asing akan datang mengunjungi objek wisata bersejarah ini dan sekarang itu sudah mulai didatangi," ujarnya.

Dia mengajak keluarga korban tsunami mengambil hikmah dari musibah itu dan jangan terus larut dalam kesedihan.

Objek wisata "Peringatan Allah" itu selain menjadi tempat merenungi musibah tsunami, diharapkan bisa menjadi sarana meningkatkan perekonomian warga sekitar.



Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

26 Dec, 2010


--
Source: http://id.news.yahoo.com/antr/20101226/tpl-rumah-boat-resmi-jadi-wisata-peringa-cc08abe.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar