Minggu, 26 Desember 2010

Berita Kasus Gayus dan Century Dominasi 2010

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

VIVAnews - Tahun 2010 dinilai sebagai tahun krisis politik dan hukum dalam pemerintahan SBY-Boediono. Demikian kesimpulan analisis isi surat kabar oleh lembaga riset politik Charta Politika.

Direktur Riset Charta Politika Yunarto Wijaya mendasarkan simpulan itu pada banyaknya isu kontroversial dalam dua bidang itu yang menghiasi pemberitaan. Dalam bidang politik, setahun ini dipenuhi perbedaan tajam diantara aktor-aktor politik.

"Jajaran pejabat eksekutif termasuk presiden tersandera oleh kekuasaan partai politik yang mengelilinginya," kata Yunarto dalam 'Political Review 2010' di Kantor Charta Politika, Jakarta, Senin 27 Desember 2010.

Krisis hukum disebabkan terbukanya kasus-kasus besar yang melibatkan aktor penegak hukum dan aktor politik. Kasus bailout Bank Century dan Gayus Tambunan mencuat menjadi dua isu terpopuler sepanjang tahun 2010.

"Kasus Bank Century dan Gayus Tambunan menjadi isu terpopuler karena bersinggungan dengan masalah hukum dan politik yang melibatkan banyak sekali aktor dalam pemberitaan," ujar dia.

Analisis isi itu dilakukan pada enam surat kabar nasional yaitu Kompas, Rakyat Merdeka, Media Indonesia, Indo Pos, Republika dan Seputar Indonesia, dengan total artikel sekitar 14.963 artikel. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling.

Sementara itu Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparinga mengakui pemerintah harus bercermin, namun perlu bercermin secara jernih. 2011 merupakan tahun penting.

Daniel berharap di tahun 2011 media bisa mengisi ruang publik dengan menghindari 5S, yakni Sinis, Sadis, Sarkatis, Skeptis, dan penuh Sindiran. "Bagaimana menggambarkan soal Sultan dan SBY kemarin, contoh paling sarkastik," kata Daniel yang juga mantan pengamat politik ini.

• VIVAnews


Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

27 Dec, 2010


--
Source: http://politik.vivanews.com/news/read/195968-berita-kasus-gayus-dan-century-dominasi-2010
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar