Kamis, 23 Desember 2010

Aceh Butuh "100 Tahun" Bangun Rumah Dhuafa

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Irwandi Yusuf menyatakan membutuhkan waktu "100 tahun" lagi untuk membangun seluruh rumah kaum dhuafa di Provinsi Aceh.

"Artinya, jika setahun kita bisa membangun 2.000 unit rumah kaum dhuafa maka membutuhkan waktu 100 tahun, karena dana pemerintah yang tersedia terbatas," katanya di Sigli, Kabupaten Pidie, Kamis.

Hal itu disampaikan disela-sela membuka pertemuan forum Keuchik (Kades) se Kabupaten Pidie. Pertemuan itu dihadiri sekitar 700 Keuchik di kabupaten penghasil kerupuk malinjo di provinsi Aceh.

Sementara data tahun 2009 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh menyebutkan sekitar 22 persen keluarga dari total 1.082.748 rumah tangga di Aceh belum memiliki rumah sendiri atau hanya 77,27 persen punya rumah sendiri.

Oleh karena itu, gubernur menyebutkan salah satu teknis mengatasi untuk mengurangi rumah bagi kaum dhuafa tersebut, yakni melalui pembangunan ekonomi masyarakat.

"Dengan terbangunnya ekonomi masyarakat, maka secara otomatis mereka bisa membangun sendiri rumah yang layak huni," kata Irwandi Yusuf.

Untuk itu, gubernur minta masyarakat Aceh agar lebih gigih dalam membangun ekonominya. Pemerintah Aceh terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pembangunan.

"Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) yang diluncurkan pertengahan 2010 itu juga salah satu upaya pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Untuk mendukung program JKA itu, Pemerintah Aceh melalui APBA 2010 mengucurkan dana sebesar Rp241 miliar. JKA adalah salah satu program asuransi kepada penduduk, sehingga semua masyarakat bisa memperoleh pelayanan dan pengobatan gratis di rumah sakit.

Irwandi Yusuf juga menyebutkan Pemerintah Aceh juga menyalurkan bantuan kepada anak yatim korban konflik, tsunami dan kaum dhuafa dalam bentuk beasiswa, dengan total penerimanya mencapai 130 orang/tahun.



Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

23 Dec, 2010


--
Source: http://id.news.yahoo.com/antr/20101223/tpl-aceh-butuh-100-tahun-bangun-rumah-dh-cc08abe.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar