Sabtu, 18 Desember 2010

Warga Tengger Tetap Gelar Upacara Kuningan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Liputan6.com, Pasuruan: Meluasnya hujan abu vulkanik Gunung Bromo tak mempengaruhi aktivitas warga Tengger. Suku yang menetap di lereng Gunung Bromo ini menggelar upacara Kuningan di sekitar kawah Bromo, Ahad (19/12). Ribuan orang yang datang dari wilayah Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan, Jawa Timur berkumpul di Pura Luhur Poten Lautan Pasir berjarak satu kilometer dari kawah Bromo.

Status siaga dan larangan mendekati kawah Gunung Bromo dalam radius dua kilometer tak diindahkan ribuan umat Hindu suku Tengger. Mereka tetap bersemangat membawa sejumlah sesaji untuk dipersembahkan depan altar pura. Bahkan usai berdoa bersama yang dipimpin seorang dukun pandhita, sebagian besar peserta upacara langsung menuju kawah Gunung Bromo untuk menjalani ritual labuh atau larung sesaji.

Upacara keagaman di Pura Poten Lautan Pasir adalah yang pertama kali sejak Gunung Bromo ditetapkan awas hingga turun menjadi siaga. Meski berada dalam ancaman bahaya, namun para dukun pandhita dan warga suku Tengger menganggap kondisi itu sudah biasa.

Sejauh ini aktivitas vulkanik Gunung Bromo menunjukan peningkatan. Bahkan abu dan material vulkanik yang disemburkan semakin tebal dan menyebar ke sejumlah wilayah [baca: Abu Vulkanik Bromo Meluas ke Timur dan Selatan]. Gempa vulkanik dan tremor masih berlangsung dengan intensitas tinggi. Umat Hindu suku Tengger berharap, setelah upacara Kuningan, kehidupan akan kembali normal.(AIS)



Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

19 Dec, 2010


--
Source: http://id.news.yahoo.com/lptn/20101219/tpl-warga-tengger-tetap-gelar-upacara-ku-9c562ac.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar