Kamis, 23 Desember 2010

OP Beras Dilakukan Sampai Panen Raya

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah akan terus melakukan operasi pasar (OP) beras sampai masa panen raya padi tiba untuk menjaga stabilitas harga beras nasional.

"OP seperti ini akan terus kami lakukan sampai panen raya padi tiba untuk membuat stabil harga," katanya setelah mengecek harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta, Kamis.

Didampingi Menteri Pertanian Suswono, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso, Hatta menjelaskan OP beras yang dilakukan Perum Bulog sejak tiga pekan lalu sudah berhasil menahan kenaikan harga beras.

"Yang jelas tidak naik lagi. Memang secara nasional belum turun signifikan sampai kembali ke harga sebelumnya, tapi dia tidak melonjak naik, stabil," katanya.

Dirut Perum Bulog Sutarto memperkirakan masa panen raya padi mulai tiba bulan Maret tahun depan sedang panen-panen kecil mulai pada Januari tahun depan dengan produksi sekitar lima persen dari total produksi tahunan.

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini Perum Bulog sudah menyalurkan 30 ribu ton beras untuk OP beras di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

OP beras juga dilakukan di daerah-daerah lain yang harga berasnya terpantau naik melebihi lima persen.

Perum Bulog menjual beras OP Rp500-Rp700 lebih rendah dari harga per kilogram beras di daerah OP untuk meredam kenaikan harga.

Di Pasar Induk Beras Cipinang, pedagang menjual beras OP dengan kadar beras pecah 15 persen seharga antara Rp5.825 sampai Rp6.100 per kilogram sedang di Pasar Jatinegara Rp6.200 per kilogram.

Sementara harga beras kualitas medium biasa, menurut pemilik Toko Beras Sinar Jaya di Cipinang, Ayong, dijual sekitar Rp7.000 per kilogram.

Di Pasar Jatinegara harga beras kualitas medium (IR64 III) juga dijual dengan harga Rp7.000 per kilogram.

Sementara itu Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan OP beras dilakukan di daerah-daerah dengan kenaikan harga beras tinggi dan diharapkan bisa menahan kenaikan harga beras nasional selama Desember 2010.

"Karena kami lihat harga sudah stabil, tidak ada lonjakan lagi. Harapannya terus stabil dan bisa turun sedikit bulan Februari tahun depan," katanya.

Apalagi, ia melanjutkan, pemerintah juga menyalurkan beras bersubsidi melalui program Raskin bagi keluarga kurang mampu.

Upaya itu dinilai bisa menjadi instrumen tambahan yang efektif menekan harga beras karena volume distribusinya yang besar dan harga yang murah.

"Tiap bulan 260 ribu ton, itu sekitar 10 persen dari total konsumsi," katanya.

Menurut data Kementerian Perdagangan, sampai 21 Desember 2010 realisasi penyaluran beras Raskin sudah mencapai 96,86 persen dari pagu raskin 2010 yang total sebesar 2,97 juta ton.

Menteri Perdagangan berharap OP beras di daerah-daerah dengan kenaikan harga beras tinggi dan penyaluran Raskin bisa menahan kenaikan harga beras nasional selama Desember 2010.

"Minimal Desember sudah tidak naik harganya. Kami lihat harga sudah stabil, tidak ada lonjakan lagi. Harapannya terus stabil dan bisa turun sedikit bulan Februari tahun depan," katanya.

Meski menurut pemerintah stok beras nasional aman namun sampai saat ini harga beras di pasaran masih tergolong tinggi.

Menurut data Kementerian Perdagangan, harga rata-rata nasional beras medium pada 22 Desember 2010 sebesar Rp7.174 per kilogram sedang rata-rata harga selama bulan Desember 2010 sebesar Rp7.097 per kilogram atau naik Rp300 dari harga rata-rata bulan sebelumnya.

Harga beras medium tertinggi tercatat di Jambi, Rp8.500 per kilogram, dan yang terendah Rp6.000 di Makassar dan Gorontalo.



Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

23 Dec, 2010


--
Source: http://id.news.yahoo.com/antr/20101223/tpl-op-beras-dilakukan-sampai-panen-raya-cc08abe.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar