Senin, 20 Desember 2010

Farhan Hamid: Membangun Simeulue Perlu Dukungan Pemprov

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Farhan Hamid, menyatakan, untuk membangun kawasan pulau terluar seperti Kabupaten Simuelue, perlu dukungan kuat dari Pemerintah Provinsi Aceh.

"Untuk membangun Simeulue itu tidak bisa diharapkan secara otomatis dari pemerintah pusat, tapi mesti ada inisiatif dari kabupaten dan dukungan kuat Pemerintah Aceh," katanya kepada ANTARA di Banda Aceh, Selasa.

Hal itu disampaikan menjawab pertanyaan terkait keseriusan pemerintah dalam memperhatikan kemajuan pembangunan di Simeulue, yang merupakan salah satu wilayah yang luluh lantak akibat gempa 28 Maret 2005.

Dengan adanya inisiatif kabupaten dan dukungan kuat provinsi, kata anggota MPR asal Aceh itu, dapat disinergikan untuk menarik perhatian pusat melalui sebuah program pembangunan yang konkret.

"Saya mengusulkan agar Pulau Simeulue itu bisa dijadikan pusat ekonomi perikanan untuk wilayah pantai barat dan selatan Aceh, karena wilayah perairan tersebut memiliki sumber daya kelautan yang luar biasa," katanya menjelaskan.

Kabupaten Simeulue dengan sembilan kecamatan posisinya berada sekitar 100 mil dari pesisir pantai barat Aceh, dan merupakan salah satu kepulauan di Samudera Indonesia yang berhadapan langsung dengan perairan laut internasional.

Saat ini, Farhan menyebutkan sedang digarap sebuah proposal yang selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.

"Kalau proposal tersebut sudah sempurna, maka baru bisa kita konkretkan. Setelah potensi yang besar di Simeulue itu diangkat maka Kementerian Perdagangan dan Perindustrian bisa masuk untuk menginisiasi pembangunan industri perikanan untuk komoditas ekspor," kata dia.

Terkait dengan infrastruktur, Farhan mengatakan pihaknya sedang mendorong PT PLN agar bisa menyiapkan energi listrik minimal 15 megawatt (MW).

"Alhamudulillah, PT PLN akan merespon itu dan kemungkinan sebagai tahap awal segera disediakan energi listrik sekitar lima megawatt," kata dia menjelaskan.



Powered by WizardRSS | Work At Home Jobs

21 Dec, 2010


--
Source: http://id.news.yahoo.com/antr/20101221/tpl-farhan-hamid-membangun-simeulue-perl-cc08abe.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar