Selasa, 24 Mei 2011

Personal Video Database: Merapikan Koleksi Video

Ketika Anda mulai mengoleksi film, membuat katalog sudah menjadi keharusan. Memberikan keterangan seputar koleksi video yang dimiliki, seperti judul, aktor atau aktris yang bermain, sampai tema dan alur cerita dapat mempermudah proses pencarian. Banyak software yang menawarkan feature pembuatan katalog film, tetapi tidak ada yang sebaik Personal Video Database.

Personal Video Database adalah sebuah freeware yang dikembangkan oleh Yanisshevskyy Alexander karena ketidakpuasannya terhadap berbagai aplikasi database sejenis yang dianggap tidak dapat mewakili koleksi videonya. Dari idenya yang cemerlang ini, sekarang Anda dapat memanfaatkan hasil kerjanya tersebut untuk membuat berbagai katalog video menjadi lebih mudah dan cepat. Sebanyak apapun CD, DVD atau file video yang dimiliki, software ini akan menanganinya dengan baik.

Program ini ditujukan untuk menjadi database yang fantastis. Anda dapat mendapatkan informasi secara otomatis mengenai film yang sudah atau belum ditonton dari data yang tersedia. Bahkan, aplikasi ini dapat memutar langsung video dari harddisk ataupun melalui jaringan jika memiliki media server. Ini lebih baik daripada mencari film dengan cara browsing melalui browser.

Bila teman datang untuk meminjam koleksi DVD, tidak perlu repot mencatatnya di secarik kertas atau buku. Feature loan yang tersedia di Personal Video Database dapat membantu mencatat apa saja yang dipinjam, seperti tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, tersedia plugin bawaan yang dapat mengoneksikan freeware ini dengan website database film seperti IMDB atau Amazon. Pencarian film dapat langsung dilakukan dengan menggunakan fungsi search baik dalam harddisk ataupun website.

Sinkronisasi dengan folder film, mengunduh cover, identifikasi berbagai disk film, dukungan terhadap TV episode dengan subentri, menyorot video yang belum dilihat, dan daftar keinginan video yang akan dilihat (disorot dengan warna biru di screenshot pertama), itu semua adalah beberapa feature tambahan yang menurut kami cukup keren.

Aplikasi ini tidak memiliki antarmuka yang menarik dan tidak memiliki efek animasi di dalamnya. Bagi Anda yang biasa mempergunakan Media Center pasti akan kecewa melihat tampilan Personal Video Database. Aplikasi ini memiliki beberapa pilihan dasar skin, salah satunya sebuah skin menarik dengan tema IMDB yang telah dimodifikasi ke dalam bahasa Inggris. Anda dapat langsung mengunduh skin dari website Personal Video Database.

Anda dapat menemukan poster, rating, dan informasi film yang dipilih dengan menggunakan tab (atau scrolling down tergantung dengan skin yang dipergunakan) yang ada di menu utama. Di sebelah kiri ada daftar film yang telah ditambahkan ke database, sementara di bagian atas Anda akan menemukan toolbar yang berisi fungsi search dan berbagai tool lainnya.

Hanya ada beberapa gangguan kecil saat mengoperasikan aplikasi ini, salah satunya penekanan tombol beberapa kali untuk memilih film yang benar dari online server. Hal ini terjadi untuk mencegah Personal Video Database menebak film yang salah. Selain itu masalah tersebut, semuanya dapat berjalan dengan baik.

Untuk konektivitas, Anda tidak akan menemukan masalah selama memiliki jalur internet yang baik. Tingkat kestabilan dan performa yang ditunjukan aplikasi ini selama pengujian berlangsung patut diacungi jempol. Berbagai feature yang ditawarkan dapat berjalan tanpa kendala berarti.

Program ini tersedia dengan plugin yang dapat dikembangkan. Anda sendiri dapat ikut mengembangkannya bila plugin yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda. Kebaikan kinerja aplikasi ini tercermin dengan diperolehnya beberapa penghargaan dari Softpedia, Snapfile, Brothersoft, Softsea, Soft32download, dan Downloadtube.

Para pecinta film tentunya akan sangat terbantu dengan adanya Personal Video Database. Aplikasi ini mampu menangani katalog database film sebanyak apa pun. Kekurangan dari segi tampilan tampaknya masih dapat ditoleransi mengingat aplikasi ini memiliki berbagai feature yang melimpah.


Website resmi
http://www.videodb.info/

Kontak
support@videodb.info

Forum
http://www.videodb.info/forum_en/

Kategory
Freeware

Unduh File
http://www.videodb.info/, http://www.bestfreewaredownload.com/.


Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar