Minggu, 01 Mei 2011

Perbedaan Kbps dengan KBps

Perbedaan Kbps dengan KBps (perhatikan huruf B-nya ada yang kecil dan ada yang besar).

Biasanya sih terjadi ketika meliat iklan inet, lalu membeli, terus setelah dicoba eehhh ternyata hasilnya gak sesuai dengan yang diharapkan. Sebenernya bukan gak sesuai, cuman kita salah kaprah aja. huruf tersebut beda arti.

Gini penjelasannya:

B = byte
b = bit

KBps (Kilobyte per second)
Kbps (Kilobit per second)

Pengucapannya memang hampir-hampir mirip, tapi berbeda nilainya,

1 byte = 8 bit

Jadi jika seandainya anda ngeliat iklan inet dengan kecepatan 384 Kbps maka download real-nya adalah 384/8 = 48 KBps.

Beberapa yang umum ada di iklan

128 Kbps: 128/8= 16 KBps
256 Kbps: 256/8= 32KBps
384 Kbps: 384/8= 48 KBps
512 Kbps: 512/8= 64 KBps
1 Mbps : 1024/8= 128 KBps

Terus kalo ada tambahan embel-embel up to, nah itu artinya kecepatan real-nya paling cepet segitu atau bisa jadi dibawah itu. Misal, up to 384 Kbps, artinya paling maksimal adalah 48 KBps. Beda kalo ada embel-embel dedicated, misal 1 Mbps dedicated itu artinya kecepatannya wajib dan harus 128 KBps, kalo kurang silahken klompain ke ISP-nya, memang sih ada banyak pengaruh laen kenapa gak dapet full walau udah ada embel dedicated.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar