Sabtu, 04 Juni 2011

Tips Menjaga Mata Sehat

mata-sehatMata sehat merupakan salah satu anugerah yang paling indah yang diberikan oleh Tuhan. Untuk itu kita wajib menjaga pemberian-Nya itu. Untuk menjaga agar mata selalu sehat, berikut hal-hal yang wajib kita lakukan.


1. Menonton televisi jangan terlalu dekat.


Jarak aman menonton televisi sebaiknya 2 meter untuk ukuran tv 14 inchi.  Semakin besat tv semakin jauh jarak untuk menontonnya.


2. Bermain video game jangan terlalu dekat.


Hal ini sama dengan jarak dalam menonton televisi.  Agar mata sehat sebaiknya anak-anak dalam bermain ps/video game memperhatikan jarak pandang dan waktu.


3. Jangan terlalu lama bermain komputer.


Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama 5 sampai 10 menit agar mata tidak terlalu tegang karena melihat layar dalam jarak dekat.


4. Membaca buku.


Jarak  aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat menyebabkan mata tegang dan rabun jauh dalam jangka panjang. Tidak boleh sambil tiduran. Dan harus dengan penerangan yang cukup. Sehingga mata kan tetap sehat.


5. Hindari debu dan polusi.


Debu yang masuk ke mata dapat menyebabkan infeksi dan membuat mata menjadi katarak. Oleh karena itu sebaiknya gunakan kaca mata.


6. Makan makanan bergizi, berserat dan bervitamin A.


Biasakan makan makanan berserat dan mengandung cukup gizi untuk menjaga mata tetap sehat. Anda bisa mengkonsumis wortel, alpukat, tomat, pepaya, dll.


Sumber Berita Terbaru

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar